Monday, January 16, 2012

Tips menghindari emosi




Kemarahan kadang datang ketika kamu sedang tidak siap. Padahal di saat yang sama, kamu harus menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang membutuhkan kepala dingin. Ada cara gampang mengatasi rasa marah:

1. Tarik Napas Dalam-Dalam. Pada saat marah, tubuh kamu mengeluarkan adrenalin yang mendorong kerja jantung dan meningkatkan tekanan darah. Manarik napas dalam-dalam, atau mencari udara terbuka yang segar, membantu kamu menurunkan degup jantung dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa adrenalin sedang tidak dibutuhkan saat ini.

2. Melompat-lompatlah. Jika sumber kemarahan ada di depan mata, singkirkan diri kamu ke luar dari situasi ini. Cuci muka, lalu lompat-lompatlah. Aktifitas itu membuat pikiran kamu jernih dan siap mengahadapi sumber kemarahan kembali dengan lebih tenang.

3. Urai Sejelas Mungkin. Pilihan kata “Kamu selalu begitu!” atau “Aku tidak pernah seperti ini” tidak akan menyelesaikan masalah. Pada saat beradu argumentasi, pastikan kamu bisa memberikan contoh yang spesifik (bukan hanya ‘begini’ dan ‘begitu’), dan apa yang kamu rasakan terhadap kondiri tersebut. Hindari perdebatan jika sedang emosi.

4. Biasakan Menuliskannya. Tidak semua orang bisa dengan mudah menyampaikan apa yang ada di pikiran dan perasaannya. Jika kamu merasa mudah marah, maka bisa jadi solusi jika kamu punya file atau buku khusus untuk menjeritkan apa yang kamu rasakan. Tulis dengan jelas siapa yang membuat kamu sangat marah dan tuliskan juga mengapa.

5. Cari Tahu Faktor Pencetusnya. Tidak semua hal bisa membuat kamu marah dengan begitu saja. Cari tahu, hal-hal apa saja yang membuat kamu mudah marah. Begitu menghadapi situasi yang mirip, segera sadarkan diri bahwa kamu harus tenang. Hindari perang mulut atau fisik dalam kondisi seperti ini.

6. Makan. Makan apa saja yang ada di depan kamu (asalkan makanan loh) atau yang kamu inginkan, makanlah sebanyak mungkin agar otak kamu lebih fokus pada proses memakan dan dapat melupakan emosi kamu. Coklat sangat bagus untuk membantu meredakan emosi.

7. Pergilah ke tempat yang tenang/sejuk dan menyendiri untuk meredakan emosi. Bila perlu ajaklah seseorang yang kamu percaya untuk diajak mengobrol dan berkonsultasi tentang masalah atau apa yang menjadi sumber amarah kamu.

8. Tidur. Tidurlah jika kamu merasa sedang emosi karena dengan saat kamu bangun dari tidur nanti emosimu akan mereda dengan sendirinya.



so, calm down gays... ^_^

0 comments: